Keberkahan Suami Untuk Istrinya





Ummul mu’minin ‘aisyah ra berkata:Wahai kaum wanita, seandainya kamu akan mengetahui hak-hak suamimu atas dirimu, niscaya kamu akan bersedia membersihkan debu ditelapak kaki suamimu dengan sebagian wajahmu”.







Rosululloh صلى الله عليه وسلم bersabda :Ada tiga macam orang yang mana Allah tidak berkenan menerima sholatnya, kebajikannya tidak dibawa naik kelangit.Yaitu :
1)Budak yang lari dari tuannya hingga kembali,
2)Isteri yang di marahi suaminya hingga mendapat ridhonya ;
3)Pemabuk hingga sadar (dari mabuknya). Riwayat Ibnu huzaimah, ibnu hibban dan al baihaqqi dari jabir.




Tersebut dalam riwayat Al Bazzar dari ‘aisyah ra bahwa beliau berkata : “Aku bertanya kepada Rosululloh صلى الله عليه وسلم Siapa orang yang paling besar hak-haknya atas wanita?. Beliau menjawab:Suaminya. Aku melanjutkan:siapa orang yang paling besar hak-haknya atas seorang laki laki?”. Beliau menjawab”Ibunya”.








Rosululloh صلى الله عليه وسلم. bersabda ketika mengingatkan kaum wanita (isteri):Apabila seorang istri berkata pada suaminya :”Sama sekali aku tidak pernah melihat kamu berbuat baik”. Maka benar benar telah terhapuslah amalnya”. (riwayat ibnu adi dan ibnu ‘asakir dan ‘aisyah)





Rosululloh
صلى الله عليه وسلم. bersabda : Mana saja istri yang menuntut cerai suaminya tanpa ada perkara yang memperbolehkannya sama sekali (yakni alasan yang jelas), maka haram baginya menikmati bau harumnya sorga (yakni terhalang penciumannya pada bau sorga). (diriwayatkan oleh Ahmad, abu daud, At turmudzi, Ibnu Mahaj, Ibnu Hibban, Al hakim dari tsauban).






Thalhah bin ubaidillah ra mengatakan bahwa, aku mendengar Rosululloh صلى الله عليه وسلم. bersabda: Mana saja perempuan (isteri) yang berkata pada suaminya : Sama sekali aku belum pernah melihat engkau berbuat baik, Kecuali Allah memutuskan rahmat baginya kelak di hari kiamat. (al hadits)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Software Download Tips Free

Postingan Populer

Recent Posts